Sikunir

Buat pecinta wisata alam, pasti udah ga asing sama sikunir. Yaaaa, sikunir... sikunir terletak di pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Aku orang wonosobo tapi baru menjamah sikunir minggu kemarin 😁😁. Dari dulu udah sering denger tentang sikunir, karena punya pesona sunrise yang keren. Terkenal dengan double sunrise dan juga silver sunrise . Dulu tempat itu lebih banyak dipromosikan bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Dieng, tapi sekarang para wisatawan lokal makin penasaran sama sikunir, banyak wisatawan lokal yang memburu sunrise di sikunir. Apalagi kalo malam minggu, penuh pendaki dari luar kota. Untuk daerah Dieng sendiri selain memiliki sikunir, ada juga tempat wisata lain seperti Candi Dieng dan Telaga Warna, ada juga kawah Sikidang tetapi sudah termasuk wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sekarang ini makin banyak terdapat Homestay di daerah Dieng, ini bukti bahwa makin ramai orang mengunjungi Dieng untuk berwisata.
Kembali lagi ke sikunir, ga semua orang bisa beruntung saat mendaki sikunir. Seperti saya contohnya 😭😭😭, udah niat banget mau mendaki sikunir tapi cuaca ga bersahabat, di situ kadang saya merasa sedih... hari minggu kemarin, tepatnya tanggal 12 April 2015, aku dan teman dan kakak, kami ber enam berencana melihat sunrise di sikunir. Kita berangkat dari rumah jam setengah tiga pagi, preparation nyiapin bekal dari jam setengah dua pagi (perjuangan bangun pagi). Sampai di base camp pendakian jam tiga lebih lima belas pagi hari, suhu di sana sekitar 23°C dan agak gerimis, kebayang kan dingin nya gimana bbrrr.... orang banyak berkumpul di base camp, kita mulai mendaki jam setengah empat pagi, pendakian terasa lancar" aja, sampai di puncak sekitar jam empat lebih lima belas, di sana udah banyak orang yang sampai, rame banget. Mereka mulai menyiapkan kamera bagi yang membawa kamera dslr, yang lain banyak yang mengobrol sambil berfoto walaupun masih gelap banget. Kami mulai mencari tempat buat duduk menunggu sunrise . Menunggu sunrise muncul, kita ngobrol dan berfoto, bengong ngobrol lagi, bengong lagi, sunrise nya ga nongol", sampai jam setengah enam pagi keadaan masih gelap dan awaw.... hujan turun, yang awal nya gerimis kecil jadi makin lebat ( tapi ga lebat banget, tapi ada angin nya dikit) dan itu dingin banget, di puncak cuma ada satu gubuk (semacam rumah"an kayu), spontan semua orang menyerbu gubuk itu. Aaawwwww, sesaaaaaakkk sempiiittt.... berasa useless banget waktu itu, akhirnya kita memutuskan untuk turun gunung walaupun masih gerimis. Kebayang ga sih turun gunung pas lagi gerimis, itu jalan jadi becek dan licin. Teriakan dimana mana, lucu sih tapi menegangkan juga hahahahaa.... pelan"kita jalan karena bener" licin dan harus bener" pinter milih jalan, dan di pertengahan kita turun, matahari baru muncul 😤😤😤😤, itu nyesek nya oohh.
Sekitar jam 7 pagi kita sampai di parkiran mobil, dan ternyata aku baru tau di samping parkiran mobil itu danau, banyak yang bikin tenda di sana, cool!!! Capek, dingin, basah dan laper.. untung nya kita bawa bekal, langsung cus deh ke pinggiran danau buat makan bareng di sana.. walaupun kecewa tapi ga nyesel, penagalaman yang keren banget. Semoga next time bisa liat sunrise di sikunir 💋💋💋

Comments

Popular Posts