Explore malang

Hai blogger, I'm back

Seminggu lalu aku abis nge trip ke malang, nekat banget jalan sendiri ke sana hehehee
Memang sih makin tua itu makin susah cari temen buat nge trip (buat aku ya), karena rata2 temen udah pada nikah atau pada sibuk sama kerjaan masing2, mau nge trip sama temen sekerja juga susah dapet approval cuti, yo wes jalan sendiri aja
Pertama yang aku lakuin langsung hunting tiket kereta, namanya juga backpacker, harus sehemat mungkin
https://tiket.kereta-api.co.id/ bisa di cek di situ untuk tiket kereta nya, waktu itu aku dapet harga Rp 220,000 kelas ekonomi, dari pasar senen ke malang kota baru, jarak tempuh 16 jam hahahahaa (siapin antimo sma bantal leher) aku berangkat jam 18.15 sampe di malang 10.05 ON TIME
Lalu langsung cari tiket pulang nya juga, aku pilih rute ke jogja, yang deket rumah sekalian nyari gudeg di sana hahaaa
Tiket dari malang kota baru ke jogja Rp 225,000 kelas esekutif, waktu tempuh 7 jam aja (mursida eeiimm)
Tiket done, tinggal cari penginapan, aku sempet lama dan pilah pilih buat penginapan di malang, berhubung aku cuma sendiri jadi aku cari penginapan buat backpacker, selain murah juga biar nambah temen 😁
Dapet lah penginapan di daerah malang, emang sengaja nyari di daerah malang biar deket stasiun karena ke batu juga cuma 1 obyek wisata aja yang mau aku tuju jadi selebihnya mending muter2 di kota malang aja, setelah baca2 review di traveloka aku langsung jatuh cinta sama  Butik Capsule Hostel di daerah Jl. WR Supratman
Aku recommended banget buat para backpacker kalo mau stay di sini, dari segi harga, kualitas dan keramahan pemilik dan penjaga juara banget
Tempat nya bersih banget, disediain juga roti buat sarapan, dan pemilik nya ramah banget, mau ngarahin kita kalo kita mau jalan2 di daerah malang, jadi sistem nya harga per kasur Rp 118,000 aku booking via traveloka buat dua malam, dan waktu itu aku nyampe di hostel jam 11 siang sedangkan waktu check in jam 2 siang harusnya tapi aku diperbolehkan langsung check in, ada juga waktu itu yang check in jam 1 pagi dan boleh juga langsung check in tanpa ada penambahan harga, baik banget pokoknya
Jadi di hostel ini di bagi 2 lantai, lantai bawah buat campuran kalo lantai atas khusus cewe, aku pilih yang lantai 2 biar nyaman aja
Ini penampakan kasur nya, pokok nya nyaman banget serasa di rumah sendiri
Menu sarapan nya, walupun cuma ada roti beserta condiment nya dan teh/kopi dan galon aqua di setiap lantai, juara lah untuk harga segitu
Kamar mandi nya juga bersih (tapi lupa fotoin hehehee) alat mandi lengkap, kita tinggal bawa sikat gigi dan handuk aja
Buat ciwi2 yang suka dandan juga sudah disediakan hair dryer dan catokan jadi aman ga usah berat2 bawa dari rumah
Satu aja sih yang masih agak kurang, ga ada selimut.... secara dingin di malang, jadi mending bawa kain pantai buat selimutan.
Waktu nya cari cara buat bisa ke bromo, karena rugi banget udah nyampe malang tapi ga ke bromo. Setelah cari2 ke internet, dapet lah paket open trip ke bromo http://senapati.net/paket-wisata-bromo-open-trip.html
Bisa di buka link nya, aku langsung hubungi contact person nya via whatsaap dengan mba dewi, jadi aku ikutan yang open trip karena aku peserta tunggal, maksudnya digabung dengan peserta lain, harga per person nya Rp 350,000 langsung deh booking dan transfer buat DP. Open trip cuma ada seminggu sekali setiap hari jumat ke sabtu, di luar itu harga nya per orang lebih mahal. Jadi harga nya sudah sepaket perjalanan pake jeep ke pendakian bromo buat liat sunrise, ke padang savana/bukit teletubies, kawah bromo. Sebener nya di awal dibilang meeting point di stasiun malang tapi aku request minta dijemput di hostel karena aku sendirian takut nya jam tengah malam susah cari kendaraan umum buat ke stasiun, dan akhirnya deal boleh dijemput ke hostel tanpa biaya tambahan  😁

DAY 1 (27 April 2017)
Dari kosan langsung pesen grab bike buat ke stasiun senen, langsung check in, duduk manis di kereta dan tidur hahahaa

DAY 2 (28 April 2017)
Jam 10 pagi tiba di stasiun malang kota baru, bahagia banget setelah perjalanan 16 jam di kereta hahahaa, langsung excited keluar stasiun, males ribet aku langsung pesen gojek, cuma Rp 4,000 biaya gojek dari stasiun ke hostel. Berhubung suasana masih memanas antara ojek online dan transportasi umum di malang, jadi para pengojek online ga pake atribut nya dan untuk di tempat rame kaya stasiun mereka ga berani pick up langsung penumpang di depan stasiun jadi kita harus jalan agak jauh buat nyamperin mereka, buat keamanan aja sih. Sampe di hostel langsung check in (walaupun belum waktunya), langsung naro barang dan mandi, langsung cus ke museum angkut. Dari dulu pengen banget liat museum angkut dan akhir nya  kecapaian juga 😁
Sebener nya aku udah baca2 blog orang buat menuju ke museum angkut dari malang pake angkutan umum, cuma biar lebil mantep lagi aku nanya lagi ke bapak hostel nya. Jadi dari hostel ini, naik angkot jurusan ADL ke terminal landungsari, dari terminal landungsari bisa nyambung lagi naik angkot sampe ke terminal batu, dari terminal batu nyambung lagi angkot yang ke arah museum angkut, harga angkot jauh dekat Rp 4,000
Tapi bapak hostel nya nyaranin aku buat naik bis dari terminal landungsari langsung ngelewatin museum angkut tanpa pindah kendaraan di stasiun batu, cukup bayar Rp 5,000 aja, langsung turun di depan museum angkut, lebih hemat uang dan waktu heheheee
Sampe di museum angkut bayar tiket Rp 100,000 per orang, langsung keliling sambil selfie sendiri

Banyak koleksi mobil dan motor dan segala jenis angkutan di sini, termasuk yang di foto itu mobil rusak karena kecelakaan

Lumayan keliling dunia versi museum angkut ✌🏻

Terakhir makan somay di samping sungai venice ala2 😁

Pulang nya juga sama, dari depan museum angkut naik bis langsung ke terminal landungsari, dari terminal naik angkot ADL turun di depan hostel. Sampe di hostel langsung mandi dan istirahat bentar karena jam 12 malam nanti langsung nyambung perjalanan ke bromo.

DAY 3 (29 April 2017)
Jam 12 malam udah stand by, sarapan roti dulu biar ga laper terus nunggu di jemput. Agak telat sih jemputnya, telat 1 jam an. Dari hostel langsung menuju ke bromo naik mobil biasa dulu, baru setelah perjalanan sejam an kita ganti mobil jeep (dingin parah), satu team aku total 7 orang, jam 3 pagi mulai perjalanan ke pendakian bromo buat liat sunrise, rame banget hari itu, mungkin karena jadwal open trip dari berbagai agent. Banyak banget yang nawarin ojek dari tempat parkir jeep menuju ke puncak nya tapi jangan tergoda ya karena ga jauh kok, nikmatin aja perjalanan pendakian nya, walaupun gelap dan dingin tapi kan seru banyak temen nya. But we were unlucky, karena cuaca kurang mendukung, mendung jadi matahari nya malu2 keluar nya, gagal liat sunrise di bromo 😭

lalu kita sepakat buat lanjut ke perjalanan selanjut nya
Perjalanan dari tempat pendakian ke padang savana/bukit teletubies was totally awesome, serius keren banget

Untung driver jeep nya baik banget dan pinter moto, semua hasil jepretan nya bagus2 hahaaa
Sampe di padang savana pas lagi panas2 nya tapi kita ga patah semangat buat foto hahahaaa

Dan selama di malang bener2 ga bisa move on dari bakso malang, nyampe di bromo juga yang dicari bakso malang 😄

Dari padang savana kita menuju ke kawah bromo, tapi sebelum nyampe ke kawah kita berhenti buat foto2

Ini satu team open trip aku waktu itu ✌🏻

Terakhir di kawah bromo, matahari nya panas banget tapi angin nya dingin jadi lumayan buat naik ke atas, jauh dan lumayan tinggi sih buat naik ke kawah nya, mayan capek 🤔
Banyak banget yang nawarin naik kuda buat sampe di bawah tangga menuju ke kawah nya tapi mahal Rp 100,000 an jadi kita pilih jalan kaki walaupun bentar2 berhenti karena ngos2 an, tapi ga sia2 banget pas udah sampe ke atas karena keren banget

Selesai dari kawah kita langsung balik buat tukar mobil, langsung perjalanan balik ke penginapan masing2, sampe malang sekitar jam 2 siang. Puas banget perjalanan ke bromo.

Buat yang mau hunting oleh2, aku dapet review dari internet sih di toko lancar jaya dan burung swari, bisa naik gojek buat ke sana, Rp 4,000 dari hostel. Banyak varian nya dan murah2 sih di sana.

DAY 4 (30 April 2017)
Akhirnya udah waktunya pulang, siap2 dari subuh buat prepare an lagi packing, jam 7 pagi langsung pesen gojek menuju stasiun, sedih ☹️

Bye malang, sampe ketemu lagi di lain kesempatan 👋🏻