Galunggung dan Kampung Naga

Haaaiiiiiii.... kali ini mau posting tentang pengalaman naik gunung kemarin. Ada yang pernah denger gunung galunggung di Tasikmalaya?? Sebener nya sih biasa aja dan ga terlalu tinggi, tapi buat saya, wooww banget buat meraih nya, maklum ga pernah olah raga.
Sebenernya planning ini dadakan banget, awal nya saya cuma berangkat kondangan ke nikahan nya sahabat di bandung, pas di tengah perjalanan, temen ngajakin maen ke gunung galunggung sama kampung naga. Karena penasaran dan lagi pengen jalan, jadi ikut aja tawaran dadakan dia. Berawal dari cuma searching di google, kita berangkat malem dari bandung.
Kita berangkat dari terminal cicaheum, kita berangkat sekitar jam 9 malam naik elep (sejenis transportasi umum yang lebih besar dari angkot dan lebih kecil dari metromini), sampe di terminal garut sekitar jam setengah 11 malem. Berhubung bus yang menuju ke tasikmalaya belum ada, jadi kita nunggu dulu dinterminal. (Sambil memanfaatkan waktu buat tidur, karena dari pagi kemarin berangkat dari jakarta ke bandung ga tidur sama sekali). Bus menuju tasikmalaya dateng jam sekitar 2 pagi, sampe di galunggung sekitar jam setengah 4 pagi. Karena angkot yang menuju ke gunung galunggung ada sekitar jam 5-6 pagi, akhir nya kita menggunakan ojek demi bisa mengejar sunrise, itu pun melalui tawar menawar alot sama si tukang ojek.
Sampailah kita di kaki gunung galunggung sekitar jam 4 pagi, mau langsung naik tapi masih gelap banget dan jujur saya takut hahahhaaaa... memang jalan menuju ke atas sudah di aspal, tapi tetep aja kanan kiri hutan cyiiinnn. Dan ternyata, warga di sekitar menawarkan jasa ojek untuk sampe ke atas, dan memang jarak tempuh sampe ke atas jauh, jadi lah kita naik ojek lagi. *sebener nya ini bukan edisi naik gunung tapi naik ojek ke puncak gunung*
Sampai di atas, sudah tersedia tangga menuju puncak nya, memang tidak terlalu tinggi kalo ga salah ada sekitar 600 tangga tapi tetep aja buat orang yang ga pernah olahraga, ini tantangan bangeeeettt!!!!!
Tiap 5 langkah berhenti, ngos"an.... capek banget, nafas ga kuat buat sampe ke atas. Tapi pas sampe di atas, semua tenaga yang udah keluar ga sia". Di sana juga banyak orang berkemah, ada yang di puncak dan ada yang di bawah, di dalam kubangan nya itu. Seger banget udara nya, buat yang mereka tiap hari ketemu sama kemacetan jakarta, tempat ini sangat recomended. Karena agak berkabut pagi itu dan angin super duper kuenceng, kita ga terlalu lama di atas (masuk angin T_T). Sekitar jam setengah 8 pagi kita turun dan kita naik ojek lagi untuk sampai ke bawah. Disambung naik angkot ke garut, kita turun di kampung naga. Jadi kampung naga ini letak nya ada di garut, dan dijadikan tempat pariwisata. Suasana nya bener" asri, jadi memasuki kampung naga, langsung kita melewati jalanan menurun menuju kampung nya yang di dalam. Rumah" penduduk di sana terbuat dari kayu dengan atap bukan menggunakan genteng tapi seperti bambu dan sapu ijuk, di sekitar rumah mereka sawah" yang bener" asri banget dan ada sungai  yang bersih banget. Jadi kampung itu mirip seperti lukisan"pedesaan yang sering dijual di pasar itu, bener" gambaran lukisan itu real ada di kampung naga. Buat ngadem sambil minum kelapa sama cilok, pas banget suasana nya. Warga sekitar juga ada yang menjual kerajinan tangan seperti tas, kampung ini memang sangat tradisional dan unik. Walaupun kampung ini sudah dijadikan tempat pariwisata, dan ga cuma pengunjung lokal loh, bule" juga udah banyak yang berkunjung ke sana, para warga tetap menjalani kehidupan mereka seperti biasa, jadi memang terlihat sangat alami tanpa di buat". Mereka juga masih menggunakan cara tradisional untuk memanen padi, para ibu" banyak yang sedang menampih beras di rumah" kayu di atas kolam mereka, pemandangan yang sangat alami.
Puas menjalani gunung galunggung dan kampung naga, kita pun langsung menuju terminal garut buat kembali ke jakarta. Perjalanan yang melelahkan dan tak terlupakan hahahahaa.... ^^