reality of indonesia

emang susah ya untuk menciptakan negara yang aman, tertib dan terkendali. jangankan negara, suatu kelompok kecil aja susah diatur. tapi kalo setiap individunya udah ada kesadaran masing2 untuk bersikap baik, jangankan cuma satu negara, lima negara sekaligus pasti aman terkendali, heheeeee... emang kalo mayoritas buruk, bisa meracuni minoritas yang baik. satu orang on time tapi sepuluh orang suka ngaret, yang satu orang ini pasti jadi kebawa ngaret. jujur, pasti kita suka ngerasa capek kalo cuma kita aja yang tertib dan akhirnya kita jadi ikutan ga tertib sama kaya yang lain. tapi sebaliknya juga, mayoritas yang baik pasti bisa mengubah minoritas yang buruk untuk jadi baik.
contoh 1, dulu waktu lagi magang di malaysia, kalo mau nyebrang jalan pasti asal nyebrang aja. ga pernah nyebrang di zebra cross dan ga pernah ngikutin rambu2 penyebrang jalan(maklum, kebiasaan di sini kaya gitu. ada tangga penyebrangan tapi ga dipake, malah tangga penyebrangan dipake sama pengendara motor juga). tapi lama2 kita di sana malu sendiri (padahal juga ga ada yang negor kita), karena selama kita di sana, mayoritas orang2 di sana tertib2 semua. jadi lama2 kita juga ikut tertib di sana, ga ngasal dan itu enjoy aja kita buat tertib karena mayoritasnya tertib.
contoh 2, kalo hari senin pasti LRT (Light Rail Transit) di KL penuh dan antri panjaaaaaaaang. tapi mereka tetap tertib antri'a (walaupun antrian udah kaya ular berkelok2). setiap LRT berhenti, pasti lebih diutamakan yang mau keluar dulu baru yang di luar masuk. sedangkan bulan kemarin waktu lagi di salah satu pusat perbelanjaan di bandung, mau naik lift aja, astaga itu berantakan banget antara orang yang mau masuk sama keluar, ckck... beneran pusing ngliat'a. apa salah'a, yang di dalam keluar dulu baru yang di luar masuk. toh pintu lift kalo di hold juga ga akan ketutup. LRT aja yang nutup otomatis, masih bisa orang2nya tertib.
LRT 
contoh 3, jalan raya di sana ga terlalu parah kaya di negara kita apalagi di jakarta, aduuuuhhh ngeri liat itu kota, crowded abis... (kalo masalah macet sebener'a ada yang lebih parah dari jakarta sih, tokyo merupakan salah satu kota termacet di dunia, tapi kaya'a ga seamburadul kaya gambar yang di bawah ini deh, heheheee...) harusnya lebih tau diri aja sih orang2nya, karena ada satu cerita dari temen di KL dulu, kalo mau berangkat kerja dia naik mobil dari rumah'a tapi ga sampe hotel. mobil'a dia parkir di station LRT, trus dari situ dia naik LRT sampe hotel. ya emang bagus, selain hemat bensin, ga nambahin polusi dan ga bikin macet jalan raya.
macet'a jakarta
itu cuma beberapa contoh kecil aja yang ada di negara kita. bukannya mau menjelek2kan negara sendiri tapi ini kenyataan yang ada. ya emang susah ya kalo mau bikin negara ini tertib selagi orang2nya masih belum sadar diri. liat aja fasilitas busway di jakarta, station2nya udah pada bobrok gitu, yang ada cuma ngabis2in anggaran aja. percuma juga kalo negara kita mau di bagus2in fasilitasnya, mendingan bagusin dulu tingkah laku orang2'a.
stasiun busway yang belum diperbaiki
mungkin solusinya, pindahin orang2 indonesia ke negara2 yang sangat menghargai ketertiban biar orang2 indonesia sadar dan terbiasa hidup tertib (tapi dermawan mana yang mau mindahin berjuta2 umat di sini ke luar negri???? hahahaaaa..... ngaco dot com). tapi mau gimanapun juga ini tanah air kita, tanah air tercinta. I LOVE INDONESIA kok (^.^) keramahan orang indonesia tetap juara deh!!!

Comments

Popular Posts