siomay ayam

hari ini memanfaatkan 1/2 kg daging ayam dijadiin 3 macam makanan: siomay ayam bumbu kacang, siomay ayam kuah sama otak otak ayam slluuurrrrpppp.... :p langsung deh berkreasi di dapur berdua sma kakak.
siomay saos kacang

siomay kuah

bahan siomay:
1/4 kg ayam cincang
100 gr tepung kanji
2 sdm tepung terigu
2 sdm minyak wijen
1 sdt kecap inggris
1/2 buah wortel parut

bumbu halus:
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
garam dan lada secukupnya

bahan yang dikukus:
1/2 kg kentang
1/2 buah kol
2 buah labu siam
5 buah tahu putih

bumbu kacang:
250 gr kacang goreng
50 gr kentang rebus
4 siung bawang putih
65 ml santan kental
garam dan merica secukupnya
10 gr gula jawa
2 sdm kecap manis
50 ml air

kuah kaldu:
100 gr tulang ayam
1 1/2 lt air
2 ikat seledri
1/2 buah bawang bombay
1/2 buah wortel
garam dan merica secukupnya

cara membuat:
1. campur bahan siomay (kecuali wortel parut) dan bumbu halus smp rata. masukkan ke cetakan lalu tambah dngan parutan wortel di bagian atas (sedikit di bagian tengah). kukus smp matang.
2. untuk tahu: potong miring menjadi 2, kerok sedikit bagian tengah'a lalu isi dengan adonan siomay dan wortel di atas'a (seperti yg siomay). kukus smp matang.
3. kukus semua bahan sayuran yg dikukus, sisihkan.
4. untuk saos kacang: haluskan bawang putih, kacang goreng, kentang rebus, garam dan merica. campur bumbu yg dihaluskan dngan air, santan, kecap manis dan gula jawa lalu masak smp mengental dan berminyak.
5. untuk kuah kaldu: rebus tulang ayam lalu buang air'a (untuk menghilangkan kotoran dan lemak'a). simmer (memasak dengan api kecil) tulang ayam, mirepoix (seledri, bawang bombay dan wortel), garam dan merica. smp bubbling (tahap sebelum boil). karena jika memasak kaldu smp boil (mendidih) akan membuat kaldu menjadi keruh.
6. susun siomay, tahu dan sayuran yg dikukus lalu siram dngan saos kacang. untuk yg kuah, susun siomay dan tahu lalu siram dngan kuah kaldu dan taburi dengan seledri cincang.



Comments

Popular Posts